Proposal Usaha Foto Copy
MANAJEMEN
USAHA
1.1. LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi yang
semakin pesat mengharuskan para pelaku usaha dan masyarakat untuk lebih cepat
beradaptasi pada perkembangan teknologi tersebut. Hadirnya mesin fotocopy
merupakan suatu bagian dari perkembangan teknologi tersebut yang sangat
dirasakan manfaatnya. Mesin fotocopy ini sangat dibutuhkan bagi semua kalangan.
Baik dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
Mesin
fotocopy adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari
dokumen, buku, maupun sumber lain. Mesin fotocopy zaman sekarang menggunakan
xerografi, proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas.
Biasanya dalam sebuah pekerjaan, mesin fotocopy sangat dibutuhkan untuk
memperbanyak data dan dokumen secara singkat dan mudah. Kita dengan mudah
memperbanyak gambar dan tulisan, tinggal tekan tombol, tunggu sejenak, semua
pekerjaan penggandaan beres.
Sekarang
ini, di kota Banda Aceh
sudah banyak usaha yang menyediakan jasa fotocopy namun, setelah kami amati di
tempat fotocopy lain masih terdapat beberapa kekurangan. Diantaranya para
pegawai kurang profesional, hasil fotocopy yang kurang memuaskan, jam kerja terbatas, dan
fasilitas lain yang ditawarkan kurang lengkap.
Dari
permasalahan-permasalahan di atas muncul obsesi dari kami untuk mendirikan
usaha jasa fotocopy yang lebih memuaskan pelanggan.
1.2. VISI, MISI DAN MOTO JR2 FOTOCOPY
- VISI : menjadi
mitra yang baik dan di percayai oleh konsumen.
- MISI : memberikan
layanan dengan kualitas terbaik dan terlengkap
di bidang nya.
- MOTTO :
1. RAMAH dalam pelayanan
2. JUJUR dalam bekerja
3. BERSIH dalam penyajian
4. INDAH dalam penataan
5. NYAMAN bagi pengunjung
1.3. PERENCANAAN
Usaha
fotocopy JR2 merupakan
usaha perseorangan yang di saya
rinti beberapa bulan yang lalu, dengan modal pinjam yang terbatas modalnya.
Usaha fotocopy JR2 merupakan usaha dalam bidang fotocopy yang
di peruntukkan untuk segala kalangan yang menyediakan, jasa fotocopy, jilid,
laminating, dan ATK.
Konsep dari usaha jasa
fotocopy kami ini adalah layanan prima 14 jam. Jadi, JR2
Fotocopy berusaha memberikan layanan terbaik bagi pelanggan yaitu
dengan jam kerja 14 jam. Hal ini dimaksudkan agar para konsumen tidak
kesulitan mencari tempat fotocopy yang buka 14 jam. Selain itu
karyawan kami juga akan melayani dengan cepat, rapi, dan ramah.
1.3.1. Perencanaan Awal
Adapun
langkah-langkah yang diambil adalah sebagai berikut:
· Penataan Tempat Usaha
Prospek
usaha fotocopy sangat menjanjikan dan pasar akan terus berkembang. Usaha foto
copy di operasikan di Jalan Soekarno
Hatta. No. 026 Kelurahan Geuce Menara Kec. OKU Banda Aceh
Berdasarkan
tempat yang telah ditentukan oleh pemilik, pengelola melakukan penataan usaha
yang menjadi prioritas utama atas dasar penyesuaian situasi dan kondisi yang
nyata.
· Penyediaan Sarana dan Prasarana
1. Penyediaan mesin fotocopy.
2. Kertas dengan berbagai ukuran dan ketebalan.
3. Penyediaan tinta mesin fotocopy.
4. Penyediaan mesin laminating
5. Penyediaan alat pemotong kertas
6. Penyediaan etalase.
7. Penyediaan meja.
8. Penyediaan alat-alat untuk menjilid berupa:
@
Staples besar
@
Staples kecil
@
Cutter
@
Mistar
@
Lakban
9. Sarana dan prasarana penunjang lainnya sesuai
dengan kebutuhan.
· Rencana Manajemen Keuangan
Rincian
dana yang diperlukan antara lain:
1. 1 Mesin
Fotocopy =
Rp 25.000.000,-
2. Kertas (F4, A4, & Q) 100 Rim X Rp
29.000,- =
Rp 2.900.000,-
3. Tinta mesin fotocopy 3kg X Rp
125.000,- =
Rp 375.000,-
4. Etalase =
Rp 1.500.000,-
5. Meja dan
Kursi =
Rp 300.000,-
6. Alat pemotong
kertas =Rp. 300.000,-
7. Mesin
Laminating =
Rp. 1.000.000,-
8. Alat-alat untuk menjilid:
- Staples besar =
Rp 300.000,-
- Steples
sedang =
Rp. 200.000,-
- Steples
kecil =
Rp 27.000,-
- Staples paling
kecil 2 X @Rp
10.000,- =
Rp 20,000,-
- Cutter 2
X @ Rp
10.000,- =
Rp 20.000,-
- Mistar
besi 2 X @Rp
5.000,- =
Rp 10.000,-
9. Sarana dan prasarana penunjang
lainnya =
Rp 2.500.000,-
10. Modal
kerja =
Rp 1.000.000,-
Jumlah
keseluruhan =
Rp 35.452.000,-
· Rencana Manajemen Sumber Daya Manusia
a. Jabatan dan uraian tugas
1. Pemilik
Berperan
sebagai kasir dan sekaligus sebagai penaggung jawab operasional
2. Karyawan
Berperan
sebagai pelaksana pengoperasian mesin foto copy sekaligus melayani konsumen
b. Jam Kerja
Toko
fotocopy “ JR2 “
menggunakan jam kerja hari senin s/d minggu (siang jam 06.00-18.00, malam
19.00-21.00)
1.4. TUJUAN
USAHA
a. Menerapkan konsep wirausaha dalam melakukan
usaha bisnis fotocopy.
b. Usaha jasa fotocopy yang kami buat dapat
diterima oleh konsumen khususnya dari orang-orang sekitar yaitu pelajar,
mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
c. Menambah pengalaman dalam membuat rencana
bisnis, proses pembuatan, cara memasarkan, dan pengelolaan keuntungan yang
diperoleh dari hasil penjualan.
d. Terciptanya usaha yang mendatangkan
keuntungan bagi mahasiswa, dan juga memberi peluang / kesempatan kerja bagi
masyarakat luas serta dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang
dunia usaha.
1.5. MANFAAT:
a) Meringankan dan memperingkas pekerjaan para
pelajar, mahasiswa, para pekerja, dan masyaraka tsekitar dalam memperbanyak
dokumen atau berkas.
b) Menyediakan berbagai macam ATK yang digunakan
parapenggun aalat tulis.
c) Memenuhi kebutuhan dan permintaan para konsumen.
BAB II
STRATEGI PEMASARAN
2.1. SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING
2.1.1. Segmentasi
Yang
menjadi segmen dari usaha foto copy adalah semua segmen pasar (umum).
2.1.2. Targeting
Yang
menjadi target market adalah Pelajar, Pegawai, dan karyawan serta masyarakat
pada umumnya
2.1.3. Positioning
Kami
ingin menciptakan image atau citra perusahaan di benak konsumen sebagai tempat fotocopy
yang berkualitas dengan harga yang pas.
2.2.PENAWARAN
2.2.1. Perkembangan penawaran saat ini
Perkembangan
penawaran disektor usaha foto copy pada saat ini memang umum di lingkungan
kampus. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini sudah dibidik secara
serius. Oleh karena itu, agar usaha foto copy menjadi lebih baik maka perlu
peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara
mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku.
2.2.2. Prospek penawaran di masa yang akan datang
Mengingat
adanya peluang yang besar dalam usaha foto copy pada masa yang akan datang,
maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi
konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang
ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif
(dilihat dari kualitas kertas dan hasil copy dan harga dalam hal ini tidak
terlalu diperhitungkan dikarenakan para pesaing juga melakukan banting harga)
maka karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang
memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
2.3.PROGRAM PEMASARAN
2.3.1. Tingkat pelayanan
Dalam
usaha ini kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan langsung,
pemesanan dan tepat waktu pekerjaan .
2.3.2. Penetapan harga
Penetapan
harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat
keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relatif sehingga
dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
2.4. PROMOSI
Promosi
merupakan objek vital dalam bidang pemasaran, karena dalam promosi produk itu
sendiri bisa dikenalkan kepada konsumen. Tetapi dalam hal pemasaran fotocopy
tidak memerlukan promosi berlebihan karena langsung berhubungan dengan konsumen
dan mesin fotocopy.
2.5.STRATEGI
PEMASARAN
2.5.1. Pemasaran
Produk
Beberapa
cara memasaran produk saya adalah dengan :
a) Melakukan promosi via people ( teman, saudara
dan masyarakat).
b) Melakukan promosi via elektronik ( handphone,
jejaring sosial di internet seperti BBM, facebook, twitter, dan lain-lain)
c) Melakukan promosi dengan menggunakan brosur
atau flayer-flayer.
2.5.2. Tingkat Pelayanan
Dalam
usaha ini, kami memberikan pelayanan yang memuaskan melalui layanan langsung 14
jam, pegawai yang ramah dan cekatan, serta tepat waktu pekerjaan.
2.5.3. Penetapan Harga
Penetapan
harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat
keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relatif sehingga
dapat menjalankan usaha secara continue untuk meningkatkan pangsa pasar.
BAB III
PRODUKSI OPERASIONAL
3.1. PROSES
OPERASI USAHA
Proses
operasi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencana persediaan produk,
penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya
penjualan dan pemesanan.
3.2. KEBUTUHAN
BAHAN OPERASI
Kebutuhan
bahan operasi fotocopy dikelola oleh pimpinan mengenai kebutuhan bahan operasi
yang meliputi pendanaan, jumlah produk, dan kegiatan pemasaran.
3.3. KEGIATAN
PERAWATAN MESIN
Mesin
fotocopy yang digunakan mempunyai umur ekonomis selama empat tahun. Kegiatan
perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli mesin sesuai dengan mesin-mesin
yang kami gunakan. Misalnya perawatan mesin copy, perawatan dilakukan secara
berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan tenaga ahli dari mitra kerja kami.
BAB IV
ANALISIS
4.1. KELAYAKAN
DENGAN ANALISIS SWOT
Bisnis
fotocopy sekarang ini jika kita melihat pangsa pasar yang setiap harinya sangat
membutuhkan mesin fotocopy atau jasa fotocopy. Dalam bisnis ini sudah layak
dilakukan sebab sistem internal yang dimiliki seperti: lokasi, modal, SDM, dan
sarana dan prasarana sudah bisa tercukupi secare efektif dan efisien. Jika
melihat sisi eksternal bisnis ini juga layak dilakukan karena pangsa pasar yang
jelas dan lokasi yang cukup strategis. Penentuan ketentuan yang diperoleh untuk
mencapai BEP antara total pengeluaran dan total pendapatan sangat cepat
dicapai. Untuk pengambilan keputusan mengenai kelayakan bisnis perlu mengambil
analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan threats), adapun
analisisnya adalah sebagai berikut:
1. Strength (Kekuatan)
ü Sumber daya manusia yang unggul baik dari
segi kuantitas maupun kualitas.
ü Memiliki modal yang cukup.
ü Kemampuan dalam tataran konsep dan praktek.
ü Hasil fotocopy yang bagus karena mesin baru
dan terawat.
ü Kemampuan melakukan pengembangan usaha karena
dari unit usaha ini akan mampu menyediakan kebutuhan dan keinginan yang lain.
ü Memiliki relasi bisnis fotocopy yang banyak.
2. Weakness (Kelemahan)
ü Pengelola masih berstatus mahasiswa,
memungkinkan fungsi kontrol yang kurang baik.
ü Jam kerja harus menyesuaikan dengan waktu
perkuliahan.
ü Sulitnya koordinasi antara pemilik usaha
dengan pengelola usaha.
3. Opportunity (Peluang)
ü Kecenderungan mahasiswa memfotocopy materi
kuliah daripada membeli buku.
ü Dekat dengan pangsa pasar dan aktivitas
administrasi.
ü Mampu mengerjakan pekerjaan dalam partai
besar karena pengelola memiliki akses yang banyak.
4. Threats
(Tantangan)
ü Mengalami kesulitan dalam perkembangan usaha,
karena usaha baru berada pada fase perintis.
ü Tingginya biaya operasional ketika usaha baru
mulai berdiri.
ü Belum memahami karakter konsumen.
4.2. Perkiraan
Break Event Point (BEP)
Perkiraan
dihitung melalui rata-rata penghasilan bersih perbulan:
Pendapatan
Rata-rata:
90
X 500 X
200 = Rp
9.000.000,-
Biaya
yang dikeluarkan selama satu bulan:
Tinta :
90 rim X
2500/kg =
Rp 312.500,-
Kertas :
90 rim X Rp
29.000,- =
Rp 2.610.000,-
Listrik :
Selama 1
bulan =
Rp 270.000,-
Tenaga
Kerja =
Rp. 500.000,-
Pengeluaran
Lain-lain =
Rp 500.000,-+
Total
pengeluaran =
(Rp 4.192.500,-)
Laba
bersih = Rp
4.807.500,-
BEP
= Harga mesin fotocopy (Canon ir 6570 Rp 25.000.000,-)
Laba
bersih
BEP
= Rp 25.000.000,- = 5,20
Rp
4.807.500,-
Jadi
BEP dapat dilakukan pada 6 bulan bisnis berjalan dengan operasi mesin sebanyak
90 rim/bulan.
BAB V
PENUTUP
5.1. KESIMPULAN
Dari
hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil
yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang
yang besar dalam usaha fotocopy pada masa yang akan datang. Lewat
ini, kalau kita cermati, permintaan akan fotocopy semakin meningkat seiring
dengan meningkatnya kepentingan masyarakat dalam meminimalisasi biaya.
5.2. TUJUAN
Demikianlah Proposal ini kami sampaikan,
kepada bapak/ibu Kementerian Koperasi dan UKM, besar harapan kami Bapak berkenan membantu
menyaluarkan dana supaya usaha fotocopy JR2 dapat
dijalankan sesuai rencangan.
Atas perhatian kebijaksanaan Bapak kami ucapkan banyak terima kasih.
Hormat Kami,
(
MUKHDAL
)
No comments